Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau selalu semangat? Lakukan 3 cara ini

Semangat, Spirit, Antusias

Untuk selalu bisa bersemangat itu adalah keinginan banyak orang, sampai ada yang beli buku, beli audio, melihat video, datang ke seminar tujuannya adalah untuk bisa memperoleh semangat. Karena memang semangat itu adalah langkah awal untuk bisa menciptakan karya-karya yang luarbiasa di dalam kehidupan ini. Seperti orang-orang sukses yang pernah Anda lihat, dia senantiasa memiliki semangat dalam mencapai kesuksesannya. Mereka seolah-olah tidak perduli dengan apa yang di katakan orang terhadap dirinya.

Semangat yang baik itu adalah suatu semangat yang timbul dari dalam diri Anda sendiri, karena kesadaran Anda sendiri. Dan untuk bisa semangat itu tidak harus berteriak-teriak, tidak harus loncat-loncat dan lain sebagainya. Cukup Anda lakukan langkah-langkah sederhana di bawah ini, maka Anda bisa selalu bisa bersemangat dalam berkarya di kehidupan ini.

Cara pertama, temukan keuntungan.
Pernah melihat anak kecil ketika di suruh untuk melakukan hal tertentu dia tidak mau, tapi ketika dia di kasih hadiah yang dia sukai maka anak kecil itu langsung semangat malakukan sesuatu yang kita suruh, misal dalam hal belajar. Pernah melihat hal seperti itu? Pasti pernah kan.... 

Sama juga dengan diri Anda, ketika Anda mulai malas untuk melakukan sesuatu, maka berdiamlah sejenak, coba ingat-ingat kembali apa tujuan Anda melakukan sesuatu itu....apa saja keuntunganya bila Anda berhasil melakukan atau menyelesaikan sesuatu itu. Ingat, semua orang mau melakukan sesuatu jika dia sudah tahu tujuannya...sudah tahu keuntungannya... Anda pasti juga seperti itu harus memiliki tujuan yang jelas...harus ada keuntungan yang jelas, meskipun tujuan dan keuntungan Anda melakukan sesuatu itu hanya sekedar untuk mendapat kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup, itu bisa membuat Anda selalu bersemangat di dalam kehidupan ini. Jadi cara yang pertama ini Anda cukup mengetahui apa tujuan dan keuntungan Anda dalam melakukan segala aktivitas.

Cara kedua, Lakukan yang Anda sukai.
Entah kenapa ketika Anda ingin melakukan sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu itu bawaanya sangat malas sekali, tapi ketika Anda melakukan aktivitas yang lain justru Anda sangat bersemangat sekali.... Bisa jadi aktivitas yang membuat Anda malas untuk Anda lakukan itu adalah suatu aktivitas yang tidak Anda sukai. Ketika saya sering menjumpai orang yang begitu malas untuk melakukan aktivitas tertentu, karena sebenarnya dia tidak suka melakukan aktivitas itu, dia memaksakan diri untuk melakukan aktivitas itu. Ini jika di teruskan efeknya adalah setres, putus asa dan lain-lain. 

Maka carilah atau beraktivitaslah yang Anda sukai saja, tidak perlu ikut-ikutan orang yang pada dasarnya Anda sendiri tidak menyukai aktivitas tersebut. Pernah ketika saya menyampaikan hal ini kepada beberapa orang, kebanyak dari mereka menjawab “Apa kata orang bila aku tidak melakukan hal ini”. Coba Anda cermati jawaban dari mereka, jawaban mereka itu menandakan bahwa aktivitas yang mereka lakukan itu adalah suatu aktivitas karena orang lain, suatu aktivitas karena keterpaksaan. Bukan suatu aktivitas yang benar-benar mereka sukai sebenarnya.

Jika Anda saat ini juga melakukan aktivitas karena keterpaksaan, sadarilah itu bisa membuat hidup Anda semakin berat...semakin down... dengan begitu aktivitas yang Anda lakukan itu tidak bisa membuahkan hasil yang maksimal. Cintailah diri Anda sendiri dulu dengan melakukan hal-hal atau suatu aktivitas yang Anda sukai saja. Lihatlah orang tersukses di dunia ini, mereka sangat enjoy, sangat senang dan bahagia dalam beraktivitas. Karena meraka melakukan aktivitas yang mereka sukai. Dan hasilnya bisa Anda lihat perubahan hidupnya sungguh menakjubkan. Ketika hidupnya berubah maka kehidupan orang-orang terdekat mereka juga berubah. Anda pun juga bisa buktikannya sekarang dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai, Anda pasti takjub melihat perubahan kehidupan Anda dan perubahan kehidupan keluarga Anda. Jadi lakukan segala aktivitas yang Anda sukai saja.
Keindahan, Kedamaian, Kebahagiaan

Cara ketiga, Berliburlah
Berliburlah...refreshinglah... dengan melihat hal-hal yang indah...hal-hal yang menyenangkan... Ini sangat membantu diri Anda, pikiran Anda, dan tubuh Anda menjadi lebih segar dan bersemangat kembali. Anda bisa lihat orang yang sering berlibur, refreshing, bagaimana kehidupan mereka? Kehidupan mereka malah semakin baik, semakin bahagia, dan semakin sejahtera...ya kan... Kenapa bisa seperti itu? Seperti handphone Anda, ketika handphone Anda mulai lemot kemudian Anda refresh handphone Anda dan membersihkan cache-cache yang tidak penting di dalam handphone Anda entah itu cache yang berasal dari aplikasi atau dari Anda yang sering berselancar di internet. Setelah itu Anda bisa melihat bahwa handphone Anda kinerjanya berubah menjadi lebih cepat dan maksimal.

Sama juga dengan diri Anda, ketika Anda belibur dan refreshing ke tempat yang indah-indah dan menyenangkan, itu sama halnya Anda itu membersihkan cache-cache yang tidak penting di pikiran Anda, cache-cache yang membuat Anda down. Dengan Anda berlibur dan melakukan refreshing dengan pergi atau dengan melihat hal-hal yang indah, hal-hal yang menyenangkan, maka cache yang tidak penting atau cache yang tidak baik bisa hilang dan tergantikan dengan cache yang baik, cache yang indah dan cache yang menyenangkan... Cache yang saya maksud disini adalah sugesti-sugesti itu sendiri.

Itulah 3 cara agar hidup Anda selalu bisa semangat, Anda bisa memakai salah satu cara diatas atau Anda bisa memakai ke 3 cara diatas. Saran saya Anda praktekan ke 3 cara diatas, Anda bisa melihat sendiri hasilnya. Jadi untuk bisa selalu semangat itu mudah kan.... Tetap, kunci untuk bisa selalu bersemangat itu ada di pikiran Anda sendiri. Trimakasih... Jika artikel ini bisa bermanfaat silahkan bagi-bagikan ke teman Anda.

ALI MA’RUF