Potensi pikiran bawah sadar



Sudah banyak sekali situs yang membahas mengenai potensi dari pikiran bawah sadar. Apakah benar pikiran bawah sadar itu memiliki potensi yang luar biasa? Dan kita juga merupakan produk dari pikiran bawah sadar. Apa maksudnya? Setiap tindakan kita, tingkah laku kita , dan kebiasaan kita itu adalah hasil dari program yang ada di pikiran bawah sadar kita, misal Anda merasa takut sekali dengan ular. Entah apa yang menyebabkan Anda takut dengan ular, tapi yang pastinya dulu Anda pernah mengalami suatu kejadian yang sangat intens yang mengakibatkan Anda itu menjadi takut dengan ular. Karena pada waktu kejadian itu emosi Anda itu sangat intens maka rasa takut dengan ular itu ahirnya menjadi program pikiran bawah sadar Anda, sehingga mengakibatkan tindakan kita, tingkah laku da kebiasan Anda sekarang ini menjadi takut dengan ular. Itulah yang saya maksud bahwa kita ini adalah produk dari pikiran bawah sadar.

Kita kembali ke potensi pikiran bawah sadar. Sedikit sekali orang yang tahu dan percaya bahwa pikiran bawah sadar itu memiliki potensi yang luar biasa, dan potensi ini bisa kita gunakan untuk mendesain kehidupan kita seperti yang kita inginkan. Ah yang benar? Saya tunjukkan beberapa potensi dari pikiran bawah sadar.

1.       Kemampuan pikiran bawah sadar terpisah dengan pikiran bawah sadar.
Walaupun pikiran bawah sadar dan pikiran sadar  kerjanya secara paralel namun melalui proses kesadaran berpikir yang berlangsung pada masing-masing pikiran dan respons yang di berikan adalah dua hal yang berbeda. Antara pikiran bawah sadar dan pikiran sadar ini bekerjanya saling mempengaruhi. Pikiran bawah sadar dapat mengendalikan aktivitas fisik tanpa di sadari oleh pikiran sadar, memang tidak selalu begitu. Terkadang pikiran bawah sadar meneruskan kegiatan dan keinginan pikiran sadar. Pada kondisi tertentu pikiran bawah sadar dapat bertindak mandiri, terlepas dari pengaruh pikiran sadar, mengungkapkan keinginannya dan melakukan tindakan yang tidak berhubungan dengan proses berpikir yang terjadi di pikiran sadar.

2.       Pikiran bawah sadar adalah gudang penyimpanan informasi.
Pikiran bawah sadar itu saya ibaratkan seperti sebuah harddisk  komputer, yaitu tempat penyimpanan data, aplikasi, software, dan file-file yang lain yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Kalau harddisk  komputer itu masih terbatas kapasitasnya, tetapi kalau pikiran bawah sadar itu tanpa batas kapasitasnya. Semua kejadian, peristiwa yang pernah kita alami sejak kecil hingga saat ini itu tersimpan dalam pikiran bawah sadar sehingga menjadi sebuah program pikiran kita. Saya dulu adalah seorang penakut, takut sukses, takut ketinggian, takut berbisnis, takut bicara di depan umum. Ahirnya saya mencari tahu kenapa saya mengalami takut seperti itu, dan ternyata pada waktu kecil saya sering di takut-takuti oleh orang tua saya, lingkungan saya seperti: jangan keluar malam nanti ada hantu, jangan naik tinggi-tinggi nanti jatuh sakit. Agak dewasa saya sering mendengar kisah orang yang gagal dan bangkrut dalam berbisnis. Nah semua kejadian dan peristiwa itulah ahirnya tersimpan di pikiran bawah sadar saya yang ahirnya menjadi suatu program pikiran saya, sehingga mengakibatkan saya jadi seorang penakut. Dan saya bersyukur kepada Tuhan ternyata program pikiran itu bisa di program ulang seperti yang kita inginkan.

3.       Pikiran bawah sadar adalah potensi yang belum banayak di gunakan.
Banyak orang yang belum menyadari bahwa di dalam dirinya ada potensi yang luar biasa yang belum banyak di gunakan, potensi ini terletak di pikiran. Seperti cara kerja pikiran bahwa kita bisa mendesain hidup kita seperti yang kita inginkan. Saya bahas tuntas mengenai hal ini yaitu bagaimana memaksimalkan pikiran bawah sadar untuk hidup lebih sehat, kaya dan bahagia di buku saya “Mencipta keajaiban dalam hidup”. Keajaiban bisa kita dapatkan bila kita bisa mengakses pikiran bawah sadar kita dengan benar.

4.       Pikiran bawah sadar sangat cerdas.
Pikiran bawah sadar sangat cerdas dan bijaksana bila di bandingkan dengan pikiran sadar. Pikiran bawah sadar adalah sumber inspirasi, sumber kreatifitas yang bisa menghasilkan sebuah karya yang luarbiasa. Seperti seorang pelukis, dia tahu bagaimana memanfaatkan pikiran bawah sadarnya untuk bisa menghasilkan lukisan yang begitu mahal harganya.

5.       Pikiran bawah sadar bersifat sangat sadar.
Ada yang mengatakan bahwa pikiran bawah sadar itu bersifat tidak sadar. Itu anggapan yang keliru menurut saya. Pikiran bawah sadar bersifat sangat sadar setiap kejadian. Sebagai contoh: ada dua orang yang saling bertemu, secara bawah sadar, pikiran mereka saling menilai siapa yang lebih positif. Orang yang lebih positif akan menang dan mempunyai pengaruh yang lebih kuat dan dominan.

6.       Pikiran bawah sadar mengamati dan memberikan respons dengan jujur.
Pikiran bawah sadar memberi respons yang sangat  jujur  tanpa terpengaruh oleh bias, prasangka, penghakiman, pengharapan, pengelompokan, persepsi dan kerangka konseptual adalah sifat pikiran sadar. Pikiran bawah sadar tidak menyaring suatu informasi agar sesuai dengan aturan atau acuan berpikir tertentu. Kejujuran pikiran bawah sadar ini sama seperti anak kecil. Anak kecil itu sangat polos, di tanya apa saja selalu jujur tanpa melihat atau merespons keadaan sekitarnya. Dengan kepolosan pikiran bawah sadar inilah bisa kita manfaatkan untuk memprogram ulang pikiran.

7.       Pikiran bawah sadar itu seperti anak kecil.
Apapun yang dilakukan anak kecil lebih dominan menggunkan pikiran bawah sadarnya di banding dengan orang dewasa. Pada waktu anak masih kecil pikiran sadarnya belum sepenuhnya berkembang. Anak kecil lebih memanfaatkan pikiran bawah sadarnya untuk belajar dan tumbuh berkembang. Seperti pepatah bilang “Belajar di waktu kecil lebih mudah bila di bandingkan belajar di waktu tua”. Kenapa seperti itu? Sekali lagi pada waktu anak masih kecil pikiran sadarnya belum berkembang sepenuhnya, sehingga sugesti apapun itu langsung masuk ke pikiran bawah sadar yang ahirnya menjadi sebuah program diri (program pikiran).

8.       Pikiran bawah sadar adalah sumber  emosi.
Emosi adalah suatu bentuk ekspresi yang mencerminkan atau reaksi pikiran bawah sadar terhadap suatu situasi. Emosi sifatnya alamiah dan merupakan suatu bentuk  komunikasi pikiran bawah sadar yang sangat bermanfaat. Saya tanya sekarang kepada Anda, bagaimana rasanya ketika ada orang memberi uang senilai 50 juta rupiah kepada Anda secara cuma-cuma? Saya yakin Anda pasti senang, bahagia, mungkin sambil loncat-loncat karena Anda merasa sangat senang sekali. Rasa senang itulah yang merupakan suatu bentuk emosi. Ini sangat bagus sekali bila Anda manfaatkan untuk menciptakan semangat atau motivasi dalam diri. Anda tinggal sentuh emosi Anda sendiri, maka Anda akan merasa senang dan semangat dengan sendirinya dengan mudah.

9.       Pikiran bawah sadar bersifat universal.
Isi atau program di pikiran bawah sadar setiap orang itu berbeda. Tergantung pada pengalaman, lingkungan, dan hasil dari pembelajaran orang tersebut. Namun bentuk respons yang mendasar pada setiap pikiran bawah sadar manusia itu  sangat mirip satu sama lain.  Sifat pikiran bawah sadar inilah yang kerap kali di manfaat untuk membaca pikiran orang lain. Jadi tidak ada suatu hal yang aneh ketika kita bisa mengerti apa yang orang mau, meskipun orang itu tidak bercerita kepada kita.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai potensi pikiran bawah sadar. Sebenarnya masih banyak sekali potensi dari pikiran bawah sadar itu. Diatas itu adalah potensi pikiran bawah sadar secara umum saja.  Tuhan sudah menganugerahi kita sebuah pikiran, maka sangatlah pantas kalau kita bersyukur dengan cara memaksimalkan pikiran kita untuk bisa hidup lebih baik, lebih bermanaat untuk diri kita sendiri dan orang lain.


Salam sehat kaya bahagia....
Ali Ma'ruf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Potensi pikiran bawah sadar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan ahir artikel