Hidup masih belum banyak perubahan? Berarti masih sering melakukan ini


Sahabat saya semua yang baik, apa Anda merasa bahwa hidup Anda terasa masih belum banyak mengalami perubahan walaupun Anda sudah berusaha sangat keras untuk merubah hidup Anda? Entah dalam bidang apa yang ingin Anda rubah menjadi lebih baik, misal: kesehatan, keuangan,  relasi, bisnis, keluarga, spiritual dan lain-lain…. Saya ingatkan Anda sekali lagi bahwa untuk merubah hidup itu bukan dari luar, tapi merubah hidup itu dari dalam. Maksudnya apa? Untuk merubah hidup itu di mulai dari pikiran bukan teknik-teknik yang berada di luar diri Anda.

Pernah Anda melihat seseorang yang sangat kaya, tapi karena sedikit kesalahannya dia menjadi tidak punya uang. Namun tidak lama, selang beberapa hari atau bulan dia menjadi kaya lag memiliki uang yang sangat banyak. Pernah melihat orang seperti itu? Orang seperti itu karena dia sudah punya pola pikir (baca: program pikiran) kaya di dalam pikirannya, sehingga untuk tidak punya uang saja dia kesulitan tapi untuk kaya dia sangat mudah dan cepat. Ini membuktikan bahwa suatu perubahan itu di mulai dari dalam yaitu dari pikiran.

Mungkin Anda sedikit jenuh karena saya selalu mengatakan bahwa semua dari pikiran. Ini memang saya sengaja, tujuan saya agar semua orang sadar bahwa dia punya pikiran dan tahu bagaimana memenfaatkan pikirannya untuk kemudahan dirinya. Jadi Tuhan menganugerahi pikiran biar tidak sia-sia. Karena semua orang tahu bagaimana memanfaatkan pikirannya untuk kehidupannya. Ini sangat indah sekali. Namun saya kembalikan ke pada diri orang masing-masing. Tapi sangat rugi kalau orang ataupun mungkin Anda yang tidak memanfaatkan dengan sebaik-baiknya pemberian Tuhan yang luarbiasa ini (pikiran).

Baik, kita kembali ke judul artikel ini ya…. Semua orang ingin berubah, dan Anda pun juga ingin berubah menjdi lebih baik di segala bidang kehidupan ini tentunya. Perubahan tidak akan bisa maksimal kalau Anda melakukan perubahan hanya dari luar diri Anda. Misal Anda mau melakukan perubahan di bidang relasi/hubungan dengan keluarga, teman atau orang lain. Anda tidak akan bisa mendapatkan hubungan yang baik atau harmonis jika Anda masih mengeluhkan atau menyalahkan orang lain. Jadi untuk bisa mendapatkan hubungan yang baik, maka mulai saat ini dan seterusnya berhentilah menyalahkan orang lain. Dari pada sibuk menyalahkan orang lain maka sibuklah untuk memperbaiki diri. Apabila diri Anda sudah baik maka yang terjadi secara otomatis adalah semua orang yang ada di dekat Anda akan menjadi baik kepada Anda. Ini adalah hukum. Karena sejatinya semua yang terjadi di dalam hidup Anda itu Anda sendiri yang mengundangnya, Anda sendiri yang menariknya. Itulah pikiran bekerja untuk Anda.

Mungkin juga Anda mau merubah keuangan Anda untuk menjadi lebih baik. Anda tidak akan bisa mendapatkan keuangan Anda menjadi baik kalau Anda masih merasa tidak baik tentang keuangan Anda. Anda masih mengeluhkan semua hal yang berhubungan tentang uang, misal Anda mengeluhkan harga barang yang naik, Anda mengeluhkan gaji Anda kecil, dan lain-lain. Kembali ke cara kerja pikiran, apapun yang Anda pikirkan itu sama saja Anda mengundang sesuatu yang Anda pikirkan itu untuk datang di dalam kehidupan Anda. Ketika Anda mengeluh tentang uang maka yang terjadi adalah uang akan enggan datang kepada Anda, tapi yang datang kepada Anda adalah segala peristiwa yang membuat Anda semakin mengeluh tentang uang.

Sekarang saya ingin Anda untuk tenang sejenak, coba Anda amati apa yang di dalam kehidupan Anda itu masih belum mengalami perubahan seperti yang Anda inginkan walaupun Anda sudah berusaha sangat keras untuk merubahnya. Misal tentang relasi atau hubungan Anda dengan keluarga/orang lain. Setelah itu Anda perhatikan apa yang sering Anda pikirkan seharian ini tentang orang lain. Lebih banyak mengeluh menyalahkan orang lain atau Anda lebih banyak menerima orang lain atau bersyukur tentang hubungan Anda dengan orang lain? Saya bisa pastikan Anda lebih banyak berpikir menyalahkan orang lain. Kok saya bisa memastikan? Karena dulu saya juga pernah melakukan hal itu. Tapi untungnya saya segera sadar, dan saya sekarang bersyukur kepada Tuhan karena saya selalu saja mendapat hubungan yang baik dengan keluarga, saudara, teman dan orang lain.



Selalu ada waktu….Selalu ada kesempatan untuk merubah diri atau memperbaiki diri…. Bila Anda mau hidup Anda segera berubah menjadi labih baik, maka sekaranglah waktunya. Sering saya mendengar orang mengatakan bahwa untuk merubah diri itu sulit. Bila Anda merasakan hal yang sama seperti orang di luaran yaitu untuk merubah diri itu sulit, sekarang saya tanya kepada Anda, apa akibatnya jika Anda tidak mau berubah? Bagaimana kondisi Anda dan orang-orang yang Anda cintai jika Anda tidak berubah? Sudah berapa lama Anda mengalami hidup yang kurang menyenangkan di segala bidang kehidupan ini? Inilah saatnya berubah…. Sekaranglah waktu yang tepat untuk berubah menjadi lebih baik. Dan perubahan itu harus Anda mulai dari dalam yaitu dari pikiran Anda sendiri. Bila di dalam sudah berubah..maka yang diluar pun ikut berubah dengan sendirinya.


Salam Berkelimpahan….
Ali Ma’ruf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Hidup masih belum banyak perubahan? Berarti masih sering melakukan ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan ahir artikel