Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Tips untuk bisa percaya diri.

Cara percaya diri, Semangat, Meningkatkan percaya diri

Baru-baru ini ada sebuah riset yang mengejutkan yaitu 85% orang dunia mengalami ketidak percayaan diri. Sisanya yang 15% orang dunia sangat percaya diri dan antusias dalam kehidupan ini. Saya tidak langsung percaya dengan riset ini, ahirnya saya melakukan riset sendiri yaitu dengan menemui 10 orang. Dan dari hasil riset saya itu saya menemukan data bahwa dari 10 orang yang saya temui hanya 1 orang yang begitu percaya diri. Dan satu orang yang percaya diri ini mengatakan bahwa dia selalu saja semangat, senang dan bahagia dimanapun dia berada dalam kehidupan ini. Ini menunjukkan bahwa: kebanyakan orang ternyata belum menyadari bahwa dirinya adalah orang yang punya keistimewaan… bahwa dirinya itu sempurna…. Kenapa bisa seperti itu? Yang jelas karena sugesti-sugesti yang berasal dari luar dirinya, seperti “manusia itu tidak sempurna”, “Jangan mimpi yang tinggi-tinggi nanti jatuh sakit”, dan lain sebagainya sugesti-sugesti yang sangat melemahkan…. Apakah Anda saat ini mengalami kurang percaya diri? Jika demikian, berarti Anda perlu membaca artikel saya ini sampai habis. Karena saya berikan 5 tips untuk bisa lebih percaya diri disini, maka baca terus ya…. 

Baiklah, inilah 5 tips untuk bisa semakin percaya diri:

1. Tinggalkan komunitas yang melemahkan. 
Anda memerlukan dukungan lingkungan komunitas untuk membantu Anda mendorong diri Anda terus semangat dalam berkarya. Mentalitas komunitas tidak hanya membuat Anda bertanggung jawab tapi juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan cerita orang lain yang mungkin bisa menginspirasi Anda. Namun untuk bisa menemukan komunitas seperti ini sekarang sangat sulit. Seperti komunitas-komunitas yang ada di media social, kebanyakan isinya hanya mencela, mengeluh, dan sebagainya… Jika Anda sekarang ini telah bergabung di suatu komunitas yang isinya hanya mencela, mengeluh dan lain-lain, maka segera tinggalkan komunitas itu sekarang juga! Dan beralih ke komunitas yang bisa mendukung Anda lebih bisa percaya diri. Salah satunya Anda bisa membaca artikel-artikel yang ada di blog saya ini atau Anda follow halaman Facebook kekuatan pikiran saya. Saya bisa pastikan semua yang saya tulis diblog ini dan di halaman Fb saya itu bisa membuat Anda menyadari bahwa Anda itu sempurna sehingga Anda bisa memiliki kepercayaan diri yang luarbiasa.

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain.
Adalah hal wajar jika Anda ingin melihat bagaimana Anda jika di bandingkan dengan orang di sekitar Anda. Media sosial telah membuatnya menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Namun perlu Anda sadari jika Anda sering membandingkan diri Anda dengan orang lain Anda akan mudah terjebak dalam lingkaran kebencian, kegelisahan, dan kecemburuan diri saat membandingkan di mana Anda berada dalam kehidupan dengan teman anggota keluarga Anda. Melakukan hal ini hanya akan membuat Anda lemah tidak percaya diri. Ingat, orang yang Anda bandingkan dengan diri Anda itu adalah manusia juga, sama seprti Anda. Saran terbaik saya adalah STOP sekarang juga untuk membandingkan diri anda dengan orang lain. Lebih baik Anda berkarya sendiri. Membuat cerita sukses Anda sendiri.

3. Rayakan kesuksesan Anda.
Ini penting untuk Anda lakukan, ketika Anda mau merayakan kesuksesan Anda di bidang apapun itu bahkan sekecil apapun itu, ini bisa membuat Anda sadar bahwa Anda itu hebat, bahwa Anda itu luarbiasa…. Ini saderhana tapi efeknya dahsyat! Jangan sebaliknya ya…. Banyak orang malah sering merayakan kesuksesan orang lain dari pada kesuksesan dirinya sendiri. Bila Anda sering merayakan kesuksesan orang lain dari pada kesuksesan diri Anda sendiri itu bisa tercipta kemungkinan sugesti diri bahwa orang lain itu lebih hebat dari pada Anda, orang lain itu lebih pintar dari pada Anda, orang lain itu lebih beruntung dari pada Anda… Maka dari itu dari pada waktu Anda habis untuk merayakan kesuksesan orang lain, habiskan waktu Anda untuk merayakan kesuksesan Anda sendiri ya…. Bukan tidak boleh merayakan kesuksesan orang lain, tapi yang terpenting adalah merayakan kesuksesan Anda terlebih dahulu. Agar Anda sadar bahwa Anda itu bisa…

4. Merenung. 
Tidak peduli di mana Anda berada dalam kehidupan ini, selalu penting untuk merenung yaitu masuk kedalam diri. Menyempatkan waktu beberapa menit untuk fokus kepada diri Anda sendiri… Apakah benar Anda itu lemah? Apakah benar Anda itu tidak punya potensi diri? Apakah benar Anda itu tidak layak? Apakah benar Anda itu tidak bisa? Apakah benar Anda itu tidak sempurna? Jika Anda mau merenung sejanak, maka Anda akan membantah keras semua pertanyaan saya diatas… Jika Anda mau merenung sejenak, Anda akan menemukan mutiara di dalam diri Anda bahwa Anda itu layak, Anda itu pantas, Anda itu hebat, Anda itu luarbiasa, dan Anda itu SEMPURNA…….

Trimakasih….Jika Anda merasa mendapat manfaat dari artikel saya ini, Anda bisa bagikan artikel saya ini ke taman-teman Anda. Agar teman-teman Anda juga bisa mendapat manfaatnya….


ALI MA’RUF