Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak ada orang lain selain diriku


Tidak tahu kenapa aku terdiam dan merenungi segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan ku selama setahun ini. Semua tampak jelas terlihat bahwa banyak hal-hal yang aneh terjadi. Dan semua terjadi begitu saja. Apakah semua itu kebetulan? Tentu tidak. Semua terjadi karena atas undangan ku sendiri. 

Teman-teman ku satu persatu pergi meninggalkan ku, dan aku mendapatkan teman yang baru. Pekerjaan ku hilang dan berganti dengan pekerjaan yang baru, suatu pekerjaan yang dulu sempat aku tinggalkan karena akibat dogma dari lingkungan. Keluaarga yang dulu mengucilkan aku, sekarang mereka berubah sangat mencintai ku. Semua keinginan dulu aku bisa dapatkan jika aku mau kerja keras, namun sekarang terasa aneh, semua yang aku inginkan bisa datang sendiri kepada ku. Apakah ini juga kebetulan? Tentu saja tidak. 

Semua yang aku alami dalam waktu setahun terahir ini, ternyata itu semua karena aku melakukan hal kecil yang menurutku dulu tidak bisa berdampak sebesar ini. Takjub rasanya. Sekarang aku mulai paham, tidak ada orang lain, semua adalah diriku. Ini aku katakan bukan tanpa dasar, ketika aku merubah pola pikir maka semua yang ada di sekitarku ikut berubah. 

Ternyata seperti ini rasanya lepas dari semua dogma yang dulu sempat aku takutkan. Ternyata semua baik-baik saja, dan aku malah bisa semakin tahu apa itu hidup, bagaimana menjalani hidup dan juga aku malah semakin bisa merasakan kehadiran Tuhan di setiap tarikan dan hembusan napasku. Jika semua orang bisa merasakan apa yang aku rasakan sekarang ini, aku tidak bisa membayangkan betapa bahagianya dia, betapa bersyukurnya dia. 

Coretan ini aku buat sebagai bentuk rasa syukurku kepada Tuhan. Terimakasih Pak Ali Ma'ruf, pasti kesehatan, kebahagian, kemudahan, dan keberlimpahan selalu menyelimuti Anda, amin. 


Barusan Anda telah membaca curhatan dari salah satu pembaca buku saya. Dan yang bikin saya takjub disini adalah ketika beliau mengirimkan curhatannya kepada saya, pada saat itu juga saya sedang berdiam diri dan merenungi beberapa kejadian yang terjadi di kehidupan saya ahir-ahir ini. Subhanalloh.... Semua sungguh menakjubkan. Sebenarnya saya sudah sering mengalami namun tetap saya merasa takjub. 

Apa karena saya beliau kehidupannya bisa berubah? Apa karena buku saya beliau yang mengirinkan curhatannya diatas hidupnya berubah menjadi lebih baik? Yang jelas tidak. Yang membuat kehidupan beliau berubah, itu karena beliau sendiri yaitu beliau berani memutuskan untuk mau berubah dan mempraktekan semua materi dengan sungguh-sungguh. 

Sekali lagi saya katakan, semua kembali kepada diri Anda sendiri. Semua tergantung kepada Anda sendiri. Semua sudah lengkap ada di dalam diri Anda. Tuhan benar-benar baik. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dengan menekan tombol share di bawah ini. 

-Ali Ma'ruf-