Musuh terbesar adalah diri sendiri, yakin masih pakai ini?

musuh terbesar adalah diri sendiri, kekuatan pikiran, ali ma'ruf

Entah siapa pencetus kalimat motivasi "Musuh terbesar adalah diri sendiri" yang sampai sekarang kalimat ini masih sangat populer di dunia motivasi. Dan apa tujuan kalimat ini di cetuskan saya tidak tahu pasti, ya karena saya tidak kenal sang pecetus kalimat motivasi ini, namun bisa di pastikan tujuannya adalah baik. 

Dengan adanya kalimat motivasi "musuh terbesar adalah diri sendiri" ada sebagian orang menjadi sadar bahwa musuh terbesarnya itu bukan orang lain, melainkan musuh terbesarnya adalah dirinya sendiri. Kalau mau di maknai lebih luas lagi, yang membuat gagal itu bukan orang lain, namun yang membuat gagal itu adalah diri sendiri. Yang menghambat kesuksesan itu bukan orang lain, namun yang menghambat kesuksesan itu adalah diri sendiri.

Nah disini saya mau membahas lebih dalam mengenai kalimat motivasi diatas. Kenapa? Karena kalimat motivasi diatas jika di telan mentah-mentah begitu saja tanpa memodif maknanya maka bisa berdampak kurang baik untuk kelangsungan hidup Anda. Sekarang silahkan katakan kepada diri Anda sendiri "Musuh terbesar adalah diri sendiri", sekarang diamlah lalu cek pesan apa yang masuk ke pikiran Anda ketika Anda mengakatan musuh terbesar adalah diri sendiri? Pesan yang masuk ke pikiran Anda adalah: musuh Anda itu adalah diri Anda sendiri, ya kan.... Ini berarti diri Anda adalah musuh bagi diri Anda sendiri. Jadi Anda tiap hari selalu bersama musuh Anda...hehehehe..

Saya pernah bergurau bersama teman saya tentang kalimat motivasi ini, "Mungkin dulu kalimat motivasi ini di ucapkan pertama kali oleh seseorang yang lagi jengkel ke temannya yang selalu mengeluh dan menyalahkan orang lain", lalu teman saya menjawab "Bisa jadi seperti itu", maaf ini gurau saja ya...hehehe...

Hakekatnya memang benar sekali, tidak ada orang lain, maksudnya semua bermula dari diri kita, sukses atau gagal itu karena diri kita sendiri. Ini saya jelaskan detail di buku. Jika Anda sudah menganggap bahwa diri Anda adalah musuh terbesar diri Anda sendiri, mana mungkin Anda bisa hidup tenang, damai, bahagia dan sukses dengan mudah. Ibarat Anda punya perusahaan, namun semua karyawan Anda adalah musuh Anda, bisa di tebak kan hasilnya???

Jadi mulai sekarang meskipun tujuannya baik kalimat motivasi diatas, gunakan saja sebagai pintu kesadaran Anda bahwa "semua karena diri Anda sendiri", setelah itu katakan kepada diri Anda sendiri:

aku cinta, cinta kasih, kekuatan pikiran, ali ma'ruf

"Diri saya baik, diri saya adalah sahabat baik saya, diri saya selalu saja melakukan hal-hal yang memberdayakan buat saya dan juga orang lain". 

Terimakasih, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share keteman-teman Anda.


By: Ali Ma'ruf
Salam Kemudahan.



Tidak ada komentar untuk "Musuh terbesar adalah diri sendiri, yakin masih pakai ini?"

Berlangganan via Email