Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Selalu Saja Tidak Berhasil?

Hidup semakin mudah

Apa Anda saat ini merasa bahwa hidup Anda tidak kemana mana, melakukan apa saja rasanya tidak ada yang berhasil kalau bahasa di daerah saya namanya "mbades" hehehehe.... Kalau Anda saat ini merasa seperti itu, maka artikel ini menjawab semuanya.

Beberapa hari yang lalu saya bertemu seseorang yang merasa punya masalah di dalam hidupnya. Dia bingung kenapa dirinya selalu saja tidak berhasil untuk mencapai sesuatu. Selalu saja gagal. Banyak peluang dan kesempatan yang datang kepada dirinya, dimana peluang dan kesempatan yang datang itu bisa mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun ada saja kejadian yang membuat dirinya tidak mengambil peluang dan kesempatan tersebut, meskipun dia ambil peluang dan kesempatan tersebut namun selalu gagal di tengah perjalanan.

Padahal kalau dari cerita beliau peluang dan kesempatan yang datang kepada dirinya itu selalu saja MUDAH untuk di lakukan atau di kerjakan. 

Usut punya usut, setelah saya ngobrol dengan beliau, ahirnya saya tahu kenapa beliau sampai mengalami hal tersebut berulang kali dan sampai berjalan puluhan tahun. Yang menyebabkan beliau mengalami hal tersebut ternyata ada benteng yang begitu kuat di dalam dirinya, dimana benteng ini adalah mencegah dirinya untuk berubah. Beliau selama ini tidak menyadari setiap peluang dan kesempatan yang datang selalu saja beliau kritik, dianalisa berlebihan sehingga menciptakan kesimpulan di pikirannya "ini tidak bagus, ini tidak cocok untuk saya, ini terlalu sulit untuk dilakukan, peluang ini tidak banget untuk saya" dan lain-lain. Ketikapun beliau ambil peluang tersebut dan mengerjakannya di tengah-tengah perjalanan selalu saja ada pikiran malas sekali untuk melanjutkan peluang tersebut, dan unjung-ujungnya beliau lepas peluang tersebut, gagal lagi gagal lagi. Terasa kehidupan lebih baik seperti yang beliau inginkan enggan bersama beliau, terasa kehidupan yang lebih baik seperti yang beliau inginkan itu hanya sebuah dongeng belaka...hhhmmm...

Dari cerita beliau itu ahirnya saya semakin tertarik untuk mengetahui lebih lajut kenapa beliau mengalami hal tersebut. Setelah ngobrol lebih intens dengan beliau, ahirnya saya ngeh beliau mengalami hal tersebut karena beliau terlalu banyak belajar tentang ilmu hidup, namun prakteknya sedikit bahkan bisa dikatakan hampir tidak praktek dengan apa yang beliau pelajari. Inilah yang menyebabkan terciptanya benteng yang sangat kuat di dalam dirinya, sehingga beliau tidak mudah untuk berubah. Tidak mudah untuk memiliki kehidupan seperti yang beliau inginkan. Ketika ingin berubah ada saja perdebatan besar di dalam dirinya, berdalih ini dan itu, yang ujung-ujung nya tidak mau berubah dengan alasan yang masuk akal menurut beliau, meskipun alasan itu tidak membuat hidupnya semakin baik dari sebelumnya.

Sahabat semua... Memang terkadang belajar banyak hal itu belum tentu bisa membuat hidup semakin baik, namun terkadang malah menjadi sebaliknya yaitu takut untuk melangkah, menjadi momok yang menakutkan untuk perubahan itu sendiri. Jadi saran saya belajarlah seperlunya saja lalu praktek dengan apa yang Anda pelajari. Ketika Anda mau praktek dengan apa yang Anda pelajari meskipun itu hanya seperlunyanya saja yang Ada pelajari dan Anda hanya paham sedikit dari apa yang Anda pelajari, namun Anda nanti bisa memahami dan menyadari banyak hal, dimana apa yang Anda pahami dan sadari itu bisa membuat hidup Anda semakin baik dari sebulumnya, semakin indah dari sebelumnya, semakin menyenangkan dari sebelumnya, semakin mudah dari sebelumnya,  dan semakin berlimpah dari sebelumnya. Terbukti. 

Oke Sahabat semuanya, selamat menjalani hidup yang penuh dengan kemudahan, kebahagiaan, dan keberlimpahan...amin. 


-Ali Ma'ruf-
Salam Kemudahan.