Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya segera menemukan tujuan hidup Anda

Pentingnya tujuan hidup

Segera menemukan tujuan hidup Anda itu sangat penting, kenapa penting? Karena jika Anda tidak segera menemukan tujuan hidup Anda maka hidup Anda tidak kemana-mana atau tidak memiliki arah yang jelas dan mudah terombang ambing, mudah sekali di pengaruhi oleh lingkungan, dan ini banyak dialami oleh orang di luaran sana. Orang yang merasa belum menemukan tujuan hidupnya, kalau ditanya apa tujuan hidupnya, jawaban mereka kemana-mana alias tidak jelas atau tidak spesifik alias ngambang. Ada juga yang terus berusaha mencari tujuan hidupnya, namun belum juga bisa menemukan tujuan hidupnya.

Nah pada kesempatan kali ini saya mau memberikan beberapa cara untuk Anda bisa menemukan tujuan hidup Anda dengan mudah, sehingga hidup Anda bisa terarah dan tidak mudah terombang ambing dan tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Sehingga Anda bisa menjadi orang yang memiliki pribadi yang tangguh namun fleksible mau belajar untuk semakinj baik dari sebelumnya.


1. Kenali nilai-nilai diri.
Pertama, penting untuk mengenali nilai-nilai diri. Nilai-nilai diri ini adalah prinsip-prinsip atau kepercayaan yang paling penting menurut Anda. Untuk bisa menemukan kepercayaan-kepercayaan yang paling penting untuk Anda, silahkan mengidentifikasi momen-momen atau ketika Anda melakukan sesuatu di mana Anda itu merasa sangat puas atau bangga dengan diri sendiri. Ini dapat membantu Anda menentukan apa yang penting dan apa yang tidak penting dalam hidup Anda. Dengan begitu Anda bisa menemukan tujuan hidup Anda.


2. Temukan minat dan bakat Anda.
Temukan hal-hal yang membuat Anda senang dan memberikan kepuasan. Apa yang membuat Anda merasa terpanggil untuk belajar lebih banyak atau menjadi lebih baik di suatu bidang? Apa kegiatan yang paling menyenangkan bagi Anda? Ketika Anda sudah menemukan jawabanya, maka Anda bisa mengetahui minat dan bakat Anda, dengan begitu Anda dapat menemukan arah atau tujuan hidup Anda.


3. Tentukan misi Anda.
Misi Anda adalah tujuan yang lebih besar dan lebih luas yang mencerminkan nilai-nilai, minat, dan bakat Anda. Misi Anda dapat membantu Anda menentukan apa yang ingin Anda capai dalam hidup. Silahkan tulis misi-misi hidup Anda dalam sebuah buku, setelah itu silahkan baca misi-misi hidup Anda yang Anda tulis dalam buku tersebut. Ketika Anda membaca tulisan misi-misi hidup Anda tersebut, Anda semakin tahu dengan jelas tujuan hidup Anda.


4. Bertanya pada diri sendiri.
Terkadang, hanya dengan bertanya pada diri sendiri dapat membantu Anda menemukan tujuan hidup Anda. Silahkan bertanya kepada diri sendiri seperti ini "Apa yang membuat saya bahagia?", "Apa yang ingin saya capai dalam hidup?". Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda untuk menemukan tujuan hidup Anda.

Nah setelah Anda merasa sudah menemukan tujuan hidup, selanjutnya tidak perlu meminta pendapat orang lain atau meminta pertimbangan orang lain tentang tujuan hidup yang sudah Anda temukan tersebut. Ini karena orang lain itu sejatinya tidak tahu yang sebenarnya tentang diri Anda, tidak tahu yang sesungguhnya tujuan hidup Anda tersebut. Yang tahu dan paham tentang diri Anda itu adalah diri Anda sendiri. Dan juga ini agar pikiran Anda terlindungi dari pendapat-pendapat yang tidak sejalan dengan tujuan hidup Anda tersebut.

Langkah selanjutnya, segera eksekusi apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Cara eksekusinya adalah lakukan saja yang bisa Anda lakukan. Meskipun apa yang Anda lakukan itu hal kecil, namun kalau apa yang Anda lakukan itu sejalan dengan tujuan hidup Anda meskipun itu hal kesil, maka itu bisa membuat Anda bisa melakukan hal-hal besar yang bisa membuat tujuan hidup Anda segera tercapai dengan mudah. Oke, praktekkan.



Terimakasih
Saya: Ali Ma’ruf
Salam Kemudahan.