Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika berada di titik jenuh, segera lakukan hal ini

Cara mengatasi titik jenuh

Pernahkah Anda merasa berada di titik jenuh? Sepertinya pernah, ya kan... Bagi yang belum tahu apa itu titik jenuh, saya jelaskan sedikit saja ya. Titik jenuh itu ketika Anda mulai merasa bosan atau lelah dengan rutinitas yang Anda lakukan setiap hari. Dan ini diikuti dengan hilangnya semangat untuk melakukan rutinitas tersebut, apalagi berkarya rasanya malas sekali. Ini menurut saya hal wajar, namun kalau di biarkan berlarut-larut ini bisa menciptakan program pikiran baru yaitu enggan yang berkepanjangan untuk melakukan sesuatu meskipun sesuatu itu bisa membuat diri Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Terus cara mengatasinya bagaimana? Tenang, saya kasih beberapa caranya untuk Anda, yaitu cara mengatasi ketika berada di titik jenuh dengan mudah. Baik silahkan simak beberapa caranya di bawah ini ya...

1. Biarkan saja.
Maksud biarkan saja itu bagaimana? Begini, ketika Anda merasa jenuh biarkan rasa jenuh itu muncul, Anda hanya perlu diam sesaat dan tidak melakukan apapun. Anda cukup membiarkan rasa jenuh itu muncul atau keluar. Secara pelan-pelan rasa jenuh itu hilang dengan sendirinya.. Ini Anda lakukan jika Anda mengalami titik jenuh tingkat ringan ya. Kalau Anda mengalami titik jenuh yang tingkat akut, weleh-weleh bahasanya akut ya hehehe... Anda bisa melakukan cara kedua dan seterusnya di bawah ini.

2. Melakukan hal berbeda.
Ketika Anda berada di titik jenuh, silahkan lakukan hal yang berbeda, atau rutinitas yang berbeda. Misal ketika Anda merasa jenuh silahkan hentikan sejenak aktivitas yang membuat Anda jenuh tersebut lalu ganti dengan membaca buku, menonton video, atau yang lainnya ya. Ini sederhana namun ini bisa membuat pikiran Anda fresh. Karena ya sebenarnya jenuh itu muncul terkadang Anda melakukan hal yang sama secara terus menerus.

3. Pergi Berlibur.
Jika Anda sudah melakukan cara pertama dan kedua diatas, namun Anda masih diselimuti dengan kejenuhan, itu berarti Anda jenuh dengan suasana sekitar Anda, maka silahkan lakukan cara yang ke tiga ini yaitu berlibur. Dengan berlibur pikiran Anda menjadi fresh dengan catatan pikiran Anda juga ikut berlibur, maksudnya pikiran Anda ya berada di tempat liburan tersebut bukan sebaliknya. Fisik Anda berlibur namun pikiran Anda masih berada di rumah atau kantor yang suasananya membuat Anda jenuh tadi...hehehe... Jadi kalau berlibur ya pikiran Anda diajak ya.

4. Temukan niat yang jelas.
Tidak bisa dipungkiri banyak orang sering merasa jenuh itu karena mereka tidak punya niat yang jelas, tidak punya tujuan yang jelas terhadap apa yang meraka lakukan atau terhadap rutinitas yang mereka lakukan. Jadi kalau Anda jenuh bisa saja Anda tidak punya niat yang jelas terhadap apa yang Anda lakukan, maka lakukan cara keempat ini yaitu segera temukan apa niat Anda melakukan sesuatu itu, apa niat dan apa tujuan Anda melakukan rutinitas tersebut. Misal Anda bekerja namun Anda merasa jenuh, tanyakan kepada diri Anda kenapa Anda bekerja, untuk apa Anda bekerja ya. Niatkan Anda bekerja itu untuk kesejahteraan keluarga Anda, jika Anda mendapat penghasilan lebih Anda bisa berbagi ke orang lain. Atau dengan bekerja Anda itu bisa membantu orang lain, dan lain sebagainya. Jadi segera temukan niat yang jelas, tujuan yang jelas terhadap rutinitas yang membuat Anda merasa jenuh tersebut ya.

5. Konsultasi pada Profesional. 
Jika Anda sudah melakukan cara pertama sampai cara ke empat namun Anda masih sering merasa jenuh, silahkan lakukan cara yang ke lima ini yaitu silahkan berkonsultasi dengan orang profesional, dengan orang yang ahli dalam bidang ini. Yang jelas merasa jenuh atau sering berada di titik jenuh itu karena pikiran, maka silahkan konsultasi dengan orang yang tahu betul dengan ilmu pikiran atau praktisi ilmu pikiran ya.

Oke Sahabat semuanya, itulah beberapa cara untuk mengatasi ketika berada di titik jenuh. Mudah sekali kan caranya, meskipun mudah tapi kalau tidak praktek ya tidak ada hasil...hehehe.


Terima kasih,
By: Ali Ma'ruf
Salam Kemudahan.