Wah!!! ternyata hidup itu penuh dogma

Hidup tanpa batas, dogma, doktrin, arti hidup tanpa batas
Hidup tanpa batas

Dogma. Mungkin Anda sudah sering mendengar kata dogma, nah disini saya mau kupas tuntas apa itu dogma yang sebenarnya agar Anda bisa memilih mana dogma yang baik untuk Anda. Namun sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu dogma, baiklah saya artikan dulu apa itu dogma ya.

Dogma adalah: kepercayaan atau doktrin dengan melalui analisis ataupun tanpa melalui analisis. Jadi semua kepercayaan Anda tentang apapun itu adalah dogma, baik itu kepercayaan yang buruk atau kepercayaan yang baik. 

Nah dogma sebenarnya itu berasal dari mana? semua dogma itu berasal dari sugesti, baik sugesti yang berasal dari orang tua, keluarga, sekolah, lingkungan, buku, video, audio, artikel dan lain-lain. Dan sugesti itu masuk ke pikiran Anda lalu menjadi program pikiran atau kepercayaan. Maka tidak heran jika orang sudah memiliki kepercayaan bahwa hidup itu mudah, maka orang itu benar-benar bisa hidup dengan mudah, begitupun sebaliknya. 

Seperti kemarin saya bertemu anak yang masih berusia sekitar 13 tahun. Anak ini bernama Edo. Dia memiliki kepercayaan bahwa untuk bisa kaya itu harus berbisnis, dan untuk berbisnis yang bisa menghasilkan uang banyak itu harus memiliki modal uang yang banyak. Sehingga Edo merasa mustahil bisa kaya, karena Edo merasa tidak mampu berbisnis dan merasa sulit karena harus punya modal uang yang banyak terlebih dahulu.

Kepercayaan Edo diatas itu berasal dari mana? Yang jelas kepercayaan Edo diatas itu berasal dari sugesti lingkungannya. Sugesti dari orang langsung maupun tidak langsung, seperti sugesti dari buku, video, audio, artikel dan lain-lain. Dan kepercayaan Edo ini adalah contoh dogma yang tanpa melalui analisis, jika melalui analisis maka hasil dogmanya pasti berbeda. Bedanya dimana? Banyak sekali orang yang bisa kaya itu tanpa harus berbisnis, dan banyak juga orang yang berbisnis itu tanpa harus memiliki modal uang yang banyak terlebih dahulu. Jadi kaya itu tidak harus berbisnis dan berbisnis itu yang menghasilkan uang banyak itu juga tidak harus memiliki modal yang besar atau banyak. 

Banyak sekali dogma-dogma di sekitar Anda, ada yang memberdayakan ada juga yang tidak memberdayakan. Jadi Anda harus cerdas untuk memilih dogma. Jika Anda tidak cerdas memilih dogma maka dampaknya di kehidupan Anda. Contoh dogma yang tidak memberdayaan itu seperti apa? Baik saya tunjukan dogma-dogma yang tidak memberdayakan kepada Anda disini.


Silahkan baca baik-baik contoh dogma yang tidak memberdayakan di bawah ini: 

Dogma kaya.
Contoh dogma kaya yang tidak memberdayakan itu adalah dogma seperti yang di miliki Edo diatas. Akibat dogma seperti yang di miliki Edo itu banyak sekali orang yang berputus asa untuk bisa kaya. Karena mereka merasa berat dan susah untuk bisa kaya. Ada lagi orang yang takut untuk kaya, memiliki banyak uang karena dogma bahwa kaya itu tidak baik, hidup itu yang baik itu harus sederhana. Hidup sederhana yang saya maksud disini adalah hidup sederhana menurut pemahaman umum, bukan hidup sederhana yang sesungguhnya. 

Ada juga orang yang tidak bisa kaya karena dogma bahwa kaya itu hanya untuk orang tertentu dan kaya atau miskin itu sudah takdir Tuhan yang tidak bisa di rubah....hhhhmmm... Jika Anda mau kaya dengan mudah, buang semua dogma diatas sekarang juga ya... Tidak ada syarat untuk kaya, kaya itu mudah.

Dogma jodoh.
Sering saya mendengar orang tidak jadi menikah karena akibat dogma hari dan tanggal lahir tidak cocok, arah rumahnya tidak baik, dan lain sebagianya. Padahal hari dan tanggal lahir ataupun arah rumah ke dua mempelai itu semua netral dan semua baik. Anda juga bisa menemukan dogma-dogma yang lain yang tidak memberdayakan di sekitar Anda tentang jodoh. Buang dan lupakan semua dogma-dogma itu, karena faktanya banyak orang yang menikah dengan hari dan tanggal lahirnya tidak cocok dan arah rumahnya menurut orang yang mengaku orang pintar itu bisa hidup bahagia dan sejahtera. 

Dan masih banyak lagi dogma-dogma yang tidak memberdayakan sama sekali, jika saya tulis disini maka bisa sangat panjang, atau jika di bukukan bisa beratus-ratus halaman bahkan beribu-ribu halaman. Apa saya buat buku tentang dogma saja ya...hehehe... Maka mulai sekarang cerdaslah terhadap dogma-dogma yang ada di sekitar Anda. Mulailah kehidupan Anda sekarang juga dengan dogma-dogma yang memberdayakan, dogma yang bisa membuat hidup Anda semakin sehat, tenang, bahagia, kaya dan berlimpah. 

Terimakasih, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, agar teman-teman Anda juga sadar tentang dogma-dogma yang ada di sekitarnya. 


-Ali Ma'ruf-


pnduan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Wah!!! ternyata hidup itu penuh dogma"

  1. Mantaapp pak ali sangat mencerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel disini. Sukses selalu..amin

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel